inilah Sejarah Unik dibalik Misteri Papan OUIJA!!! SEREM!!!

Sejarah Unik dibalik Misteri Papan OUIJA!!!

Netralitas.net , Unik – Pastinya semua sudah tau dan pernah nonton film “OUIJA” , Sejarah Ouija sendiri adalah sebuah papan kayu yang bertuliskan abjad A hingga Z lalu angka 0 hingga 9 serta simbol bulan dan matahari. Papan Ouija bukanlah sebuah papan permainan biasa. Sejarah Papan ini dipercaya dapat memanggil arwah jika dimainkan dengan aturan yang ditetapkan. Sedikit ada kemiripan dengan jelangkung, hanya saja satu-satunya media dari Ouija hanyalah sebuah papan. Saking menariknya benda satu ini hingga dijadikan film sekuel dengan judul yang sama.

Sebagai benda yang dikaitkan dengan hal-hal berbau mistis, tentu saja papan Ouija memiliki banyak cerita misterius di belakangnya. Orang-orang yang pernah mencoba memainkan permainan ini dengan tujuan memanggil arwah pun juga banyak yang mengaku bahwa kerap mengalami kejadian-kejadian horror. Lantas seperti apakah hal yang menarik dari sejarah keberadaan papan Ouija ini selain kisah-kisah misterinya?

Misteri Keaslian Kata Asal Ouija

Memilik sejarah sedikit kebelakang, papan Ouija sendiri sejak tahun 1840 digunakan oleh para okultis juga paranormal sebagai salah satu media atau perangkat untuk hal supranatural seperti misalnya menjalin komunikasi dengan para arwah atau roh. Begitu banyak orang yang menggunakannya hingga di tahun 1890 seorang bernama Charles Kennard memiliki ide untuk mengembangkan eksistensi papan tersebut menjadi alat mainan. Setahun berikutnya setelah diproduksi, hak paten nama Ouija pun ia kantongi  dengan menyebut bahwa Ouija berasal dari kata Mesir Kuno yang memiliki makna keberuntungan. Sepuluh tahun kemudian, William Fuld seorang karyawan yang bekerja di perusahaan Kennard pun mengambil alih produksi papan Ouija dengan tetap memakai nama tersebut. Anehnya berbanding terbalik dengan Kennard, Fuld justru menyebutkan bahwa kata asal Ouija berasal dari gabungan bahasa Prancis dan Jerman “oui + ja” yang secara etimologi berarti “ya”.

Papan Ouija Digunakan Untuk Kencan

Yup, sesuai dengan pengembangan ide Charles Kennard yang menginginkan papan Ouija tak hanya digunakan sebagai sarana media supranatural, papan Ouija sebagai alat bermain pun dibentuk lengkap dengan citra baru seperti misalnya pada iklan-iklan yang bertebaran di koran saat itu. Ouija digambarkan sebagai salah satu jenis alat permainan yang bisa digunakan berkencan bersama pasangan serta akrab pula dimainkan dengan keluarga. Di kolom iklan pun sering tampak gambar sekumpulan orang-orang yang sedang bermain Ouija dengan ekspresi senang dan seru. Uniknya, setelah muncul film The Exorcist pada tahun 1973 yang juga menampilkan adegan pemanggilan roh dengan menggunakan papan Ouija, pandangan masyarakat terhadap permainan Ouija yang cukup menyenangkan perlahan mulai berubah dan menganggap bahwa permainan tersebut mengandung unsur magis.

William Fuld Tewas Saat Pabrik Dibangun

Setelah hampir lebih dari satu dekade papan Ouija diproduksi dan berkembang pesat, William Fuld mulai mengembangkan pabriknya di tahun 1917. Diawali dengan pembangunan besar-besaran pabrik tersebut dengan rencana awal dibangun sejumlah 3 lantai diatas lahan 36.000 kaki di kota Baltimore. William Fuld mengatakan bahwa bisnis papan Ouija ini memang sudah saatnya untuk diperluas dan merajai industri bisnis di Amerika Serikat. Fuld pun mengawasi langsung pembangunan pabriknya tersebut bahkan tak jarang ikut terjun langsung ke lapangan. Namun naas, kejadian tragis menimpa pemilik hak paten papan Ouija selama berpuluh-puluh tahun itu. William Fuld jatuh dari atap pabrik dan mengalami patah pada beberapa bagian tulangnya serta gegar otak yang cukup parah. Dihari yang sama, William Fuld pun menghembuskan napas terakhirnya di sebuah rumah sakit yang dekat dengan lokasi pabriknya setelah diketahui bahwa tulang rusuknya yang mengalami patah menusuk jantungnya!

Pesan Misterius William Fuld Sebelum Kematiannya

Kematian William Fuld yang saat itu dianggap mendadak meski juga bisa dikatakan sebagai kecelakaan kerja ternyata menyimpan misteri bagi orang-orang yang ditinggalkannya. Bergelut dalam bisnis papan permainan yang memiliki sejarah hitam karena dulunya kerap dijadikan sebagai media pemanggilan atau berkomunikasi dengan roh membuat citra William Fuld juga tak bisa begitu saja lepas dari hal-hal berbau supranatural atau magis. Salah satunya yang paling terkenal dan hingga saat ini masih belum terpecahkan adalah terkait dengan pesannya kepada anak-anaknya sebelum kematian menjemputnya. Diatas ranjang rumah sakit, di waktu-waktu kritis setelah ia mengalami gegar otak parah dan tulang rusuk yang patah serta menancap pada jantungnya, Fuld meninggalkan pesan yang terdengar cukup aneh kepada anak-anaknya. Pesan tersebut adalah perintah Fuld kepada anaknya agar berjanji untuk tidak pernah mengambil alih, meneruskan atau merintis sendiri bisnis penjualan papan Ouija!

Papan Ouija Kembali Populer Karena Film

Meskipun papan Ouija sendiri sebenarnya sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu, namun nama Ouija sendiri tidak sefamiliar saat ini. Hanya orang-orang Amerika di era 1900an dulu yang masih akrab dengan papan Ouija baik sebagai papan berkomunikasi dengan arwah maupun sebagai alat permainan. Baru di tahun 2014, nama Ouija mendadak populer dan bahkan menjadi fenomena masyarakat hampir di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan nama Ouija menjadi sebuah objek dalam produksi film Hollywood berbudget rendah dengan judul yang sama. Film tersebut meledak di pasaran dan akhirnya membuat banyak orang di seluruh dunia penasaran seperti apa dan bagaimana cara kerja papan Ouija itu sendiri. Sejak itulah, penjualan papan Ouija kembali laris dan menjadi populer kembali. Padahal, banyak himbauan keras dari berbagai macam organisasi agama di seluruh dunia tentang larangan membeli serta menggunakan benda satu ini. Dan sejak itulah hingga sekarang, nama Ouija kembali dikenal sebagai alat komunikasi pemanggilan roh.

itulah beberapa Sejarah dari Misteri PAPAN OUIJA selama ini, terlepas dari benar atau tidaknya alat ini emmang bisa dipakai untuk memanggil arwah / roh, tergantung kepada kepercayaan masing- masing. Ouija sendiri hampir mirip dengan permainan di indonesia yaitu Jailangkung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *